Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari 2014

YouGov, survey panel baru di Indonesia

YouGov, sebuah perusahaan market research, serupa dengan Nusaresearch, ataupun AIPSurveys. Baru masuk ke Asia Pasifik tahun ini, dari negara asal mereka Inggris.

Simak informasi singkat berikut:
YouGov adalah sebuah perusahaan penelitian pasar berbasis internet yang didirikan di United Kingdom (Inggris) pada Mei tahun 2000 yang lalu. Dibentuk oleh Stephan Shakespeare (sekarang menjadi CEO), dan Nadhim Zahawi (mantan CEO).
Kantor pusat berada di UK. Menjadi anggota British Polling Council dan terdaftar juga di kantor komisioner informasi UK.
Sudah punya 25 kantor cabang di seluruh dunia meliputi: UK, US, Eropa, Nordics, Timur Tengah dan Asia Pasifik.
Modal Yougov melambung sampai 18 juta pounds pada April 2005. Tahun 2006, mengakuisisi Siraj, perusahaan survey lokal Dubai.
2007, mengepakkan sayapnya di USA (Polimetrix), Jerman (Psychonomics), dan Skandinavia (Zapera).
Dari tahun 2009-2011, mengakuisisi perusahaan-perusahaan US seperti Clear Horizons, Harrison Group, dan Definitive …

Survey panel itu dari mana saja?

Saya bukan termasuk orang dengan basis statistik yang baik. Di perkuliahan, statistik hanya dapet C, dan itu saya pelihara sampai saya lulus. Ketika mengulang pun hasilnya malah lebih buruk.

Sehingga, saya hanya suka mengerjakan survey aja. Hehe...

Namun, pengetahuan saya tentang survey panel di dunia online nggak jongkok2 amat.
Banyak survey tersebut berasal dari negeri manca. Tanpa ada sedikitpun yang dari dalam negeri. Sebenernya ini agak aneh, karena dengan ini, kita berarti menyerahkan data behaviour ke luar negeri secara cuma-cuma.

Ini juga yang dilakukan oleh penyedia script big data (seperti google analytics, hitstat, dan analytics yang lain-lainnya), yang dengan mudah mengambil kecenderungan user internet kita dibawa keluar tanpa tedeng aling-aling. tanpa kita sadari. dan bahkan kita fasilitasi.

Hal serupa juga dilakukan oleh facebook, dengan smart screening iklan yang tampil merujuk apa yang pernah kita buka. jadi iklan tampil sesuai kondisi pemikiran kita.

nah, survey hamp…

Merasakan menjadi number 1 di Nusaresearch TOP TEN poin tertinggi

Bagaimana rasanya menjadi nomor satu empunya poin tertinggi di nusaresearch?

Ya, sudah beberapa bulan ini nama saya nangkring di halaman depan  nusaresearch. Dengan perolehan poin 10.000 lebih, menjadikan nama saya paten  terpampang di urutan paling atas.

Rasanya, eman-eman banget untuk menukar dengan hadiah. Kalau diuangkan mungkin sudah mencapai 500ribuan lebih. Kalo itu berujud pulsa, mungkin baru 2 tahun saya habiskan.

Ego nama sendiri tampil di nomor 1 menjadi pemberat saya untuk tidak melepas begitu saja posisi ini. Karena memang di nusaresearch, perolehan poin itu tidak terhistoris. Sehingga, seketika poin ditukar dg hadiah, maka yang ter-list di depan itu adalah keadaan poin kita saat ini. Kalo ditukar semua, ya habis lah...
namanya hilang terhunjam di dasar jurang.

Mau poin banyak??? follow me. saya akan bagikan ke ente yang mau jadi referal ane. Semuanya....

Tunggu apalagi? kalau tidak sekarang kapan lagi, kalau tidak kita, siapa lagi... :)

Email: juragan titik ry at gmail …

Tinggal 2 Survey Panel yang Saya Ikuti !

Setelah mencoba berbagai jenis survey panel yang jelas-ngga jelas, akhirnya tinggal 2 yang saya yakini masih terpercaya. Siapa dia? mungkin anda sudah punya jawabannya. YA!! nusaresearch dan aipsurvey.

Tidak salah jika Nusaresearch membikin slogan Top Online Survei di Indonesia. Kantornya jelas, pegawainya jelas, legalitas di Indonesia jelas, aturan jelas, server tak pernah mati, cara memperoleh poin beragam, dan juga model referral. Model referral yang tak terbatas merupakan sebuah komitmen nusaresearch untuk menjadi nomor 1. Sebab, dengan panelis terbesar memungkinkan dia memiliki daya tawar lebih kuat kepada klien.

Update Mei 2017: Saat ini sudah lebih dari 1,5 juta rupiah yang saya peroleh dari Nusaresearch. Jumlah lumayan dari mengumpulkan duit tambahan dari internet.

Sayangnya kok ngga ada ya survey panel made in Indonesia,, Kemana ahli statistik dan survey kita?

AIPsurvey meski tidak berani menulis jelas kantornya, namun masih bisa dipercaya sejauh ini. Dua kali payout. Tidak …

Kenapa survey yang muncul cuma sedikit?

Banyak dari kita yang bertanya-tanya, mengapa survey yang muncul cuma sedikit? Mengapa tidak tiap hari ada survey? Kalo ngga ada survey berarti kita ngga akan dapat-dapat poin dong...

Ya begitulah nak... hehehe,

Pasti ada penjelasannya !!! jadi begini, Survey adalah cara produsen mengetahui minat konsumen. Survey berguna untuk mengukur seberapa minat konsumen terhadap produk yang akan dilempar di pasaran. Produsen mempertimbangkan minat, kemampuan, daya beli, kesukaan, kecenderungan, jg mapping demografi .

Sehingga, ketika produk akan dipasarkan, sudah tau bagaimana karakteristik konsumen di daerah tertentu, di rentang usia tertentu, dan dari kelompok mana yang pas produk tersebut terserap.

Gunanya, untuk memperjelas strategi iklan, pengiriman produk ke area tertentu, dan kepentingan lainnya terkait pemasaran. Mangkanya nama survey biasanya adalah marketing research. aka penelitian pasar.

Ini adalah rangkaian kata saya dari pemahaman saya sendiri mengenal survey dalam hampir satu ta…

Survey panel mana yang paling menghasilkan?

Pertanyaan ini tentunya muncul jika anda sudah mulai mencoba-coba beberapa survey, dan tak kunjung payout. Survey memang salah satu channel untuk mendulang dolar buat mengisi kantong paypal kita. Tak butuh skill khusus untuk melakukannya, hanya menguji kesabaran kita, kapan survey datang, dan ketika ada survey, sabar-sabar aja membaca dan mengerjakannya sampai usai.

Saat ini saya hampir mengikuti penyedia survey, baik indonesia maupun dari negeri manca (istilahe kui lo..). Sebut saja id.ipanelonline, nusaresearch, aipsurvey, ann-kate, panelstation, ipoll, viewfruit, mobrog,globaltestmarket, dan sapidermetrix.

Semua saya ikuti untuk memperdalam filosofi apa sih kok banyak sekali berbondong-bondong ingin menyediakan layanan survey. Yang kebanyakan malah dari negeri manca tersebut. Sementara yang dalam negeri kok malah ngga ada. Tentunya pula, tujuan lainnya adalah, yaitu tadi, mendulang dollar demi kantong paypal.

Setelah hampir setahun, dengan kerja keras dan peluh keringat, saya tahu…